JUM’AT BERKAH SEDEKAH SAMPAH

Headline

zonapublik.com Semarang – Permasalahan sampah di Indonesia masih menjadi masalah klasik yang terus diupayakan solusinya baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Setiap orang dapat dipastikan menghasilkan sampah setiap harinya dalam jumlah yang tidak sedikit. Jenisnya pun beragam, mulai dari Sampah Plastik, kertas, kaleng dll. Durasi yang dibutuhkan agar sampah bisa terurai secara alami pun beragam ada yang bisa diurai dalam hitungan bulan, ratusan bahkan ribuan tahun. Sampah selalu identik dengan kesan kotor dan tak bernilai.


Agaknya hal itulah yang mendasari gerakan ibu-ibu PKK ini dalam mengupayai pengolahan alur sampah dan mendatangkan keuntungan nilai ekonomis dari sampah tersebut.
Adalah Noor Hidayah Ketua PKK di RT.07/RW.02 Purnasari, Kemijen, Semarang Timur yang berinisiatif untuk mengubah berbagai sampah menjadi berkah. Lewat gerakan Jum’ah Berkah Sedekah Sampah ia mengajak ibu-ibu PKK di kampungnya untuk lebih melek terhadap permasalahan seputar sampah. “Ibu-ibu pasti paham betapa banyak sampah yang bisa keluar dari rumah kita setiap harinya, daripada hanya berahir di tempat pembuangan akhir di sekitar rumah kita alangkah akan lebih bermanfaat kalau kita kumpulkan, pilah lalu dijual ke pengepul” ujar Noor. Menurut penuturannya pendapatan yang dihasilkan dari gerakan ini berbeda di setiap jum’at nya yakni berkisar antara 30,000 hingga 50,000 per kegiatan.

Dampak sampah plastik ini sangat berbahaya bagi lingkungan. Ketika sampah-sampah plastik ini dibuang ke laut atau sungai kebanyakan dari sampah plastik ini tidak dapat terurai sehingga dapat melukai hewan-hewan yang berada di dalam laut maupun sungai. Sedangkan efek dari pencemaran sampah plastik ini pada lingkungan adalah dimana tanah yang dicemari akan tercemari oleh zat kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik tersebut. Bukan hanya itu saja, dikarenakan proses yang susah diuraikan maka sampah plastik ini juga dapat membunuh pengurai yang ada di tanah.

Kebanyakan dari sampah yang tidak dapat terurai ini merupakan sampah berbahan plastik. Sampah plastik merupakan salah satu limbah yang berbahaya bagi lingkungan dan sekitarnya yang dapat membunuh hewan dan merusak lingkungan yang ada disekitar kita.

Kegiatan yang sudah berlangsung satu bulan ini kini sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga. “Alhamdulillah setelah 4 kali dilakukan gerakan ini kita dapat tambahan uang kas PKK, nanti hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial warga.” Ungkap Harinah salah seorang warga menyambut baik gerakan ini. (Mamby)