152 Desa Di Sukabumi, Akan Terima Bantuan Keuangan Khusus

Info Publik

ZONAPUBLIK.COM SUKABUMI Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ) kabupaten Sukabumi Jawa Barat, melaksanakan desiminas, akselerasi dan penguatan sistem pembangunan desa dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Pengarahan yang digelar pendopo Kabupaten Kamis, ( 29/1) tersebut hadiri oleh seluruh perangkat dan kepala desa se Sukabumi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sukabumi Thedy Hendrayana mengatakan, 152 Desa akan mendapat bantuan keuangan khusus (BKK), sebagai uapaya meningkatkan status Desa tertinggal,  sekaligus mendongkrak Indeks Desa Membangun( IDM ).

“Bantuan yang akan kitu kucurkan tiap desa berbeda beda, besaran yang diterimakan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi desa masing masing. Sehingga jangan kaget jika nanti dalam penerimaan bantuan, desa satu dan lainnya tidak sama, hal ini disesuaikan dengan parameter dan kondisi desa”, tegasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, BKK  adalah upaya efektif yang dilakukan pemda yang disesesuaikan dengan kondisi serta kekurangan yang ada di masing masing Desa. Diharapkan dengan pola ini bantuan yang digulirkan mampu mendongkrak kemajuan dan mempertahankan indek desa tersebut.

       Kepala Desa saat menerima arahan Thedy Hendrayana

Terkait pelaksanaan program ini dengan tegas Thedy Hendrayana meminta kepala Desa yang baru di Lantik untuk tidak coba coba merombak atau mengganti struktural pemerinatahan yang sudah ada. Hal ini dikarenakan penaggunaan dan pelaksanaan anggaran, sangat rawan dan riskan. Sehingga dibutuhkan pejabat yang sudah pengalaman dan menguasai dibidangnya.

“Kami minta agar para Kepala Desa untuk tidak melakukan perombakan personil perangkat desa di kelurahan masing masing, mengingat pada bulan Januari dan Febuari Kepala Desa sangat memerlukan personil Staf yang berpengalaman dan menguasai, guna menyusun laporan pertanggungan jawab APBDESA”, tegasnya.

Selain itu Thedy juga meminta agar semua perangkat desa se Sukabumi pada tahun 2020 sudah harus mampu dan bisa memberi dan menyanjikan pelayanan berbasis digital kepada masyarakat. Hal tersebut mengacu permendes ( PDTT ) Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas pembangunan Desa.(ilv)