Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Raih Gelar Doktor Cumlaude.

Info Publik

ZONAPUBLIK.COM PURWAKARTA – Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Jawa barat Purwanto, Rabu sore (15/1) berhasil meraih gelar Doktor bidang pendidikan melalui disertasinya yang berjudul, Model Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pendidikan Berkarakter di Purwakarta. Purwanto berhasil menyelesaikan studi S3 nya di sekolah pasca Sarjana Universitas Pendididkan Indonesia (UPI)  Bandung dengan predikat Cumlaude.

Purwanto berhasil meyakinkan para anggota majelis sidang, saat dia diminta untuk memaparkan semua disertasinya dihadapan majelis sidang. Dalam paparanya selama 1 jam Purwanto mampu menjawab dan menjelaskan semua penelitian yang telah dikajinya dengan detail. Akhirnya diruang Auditorium sekolah Pasca Sarjana UPI Bandung kepala Dinas Purwakarta ini dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude.

Purwanto atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan Kang Ipung, kepada wartawan mengatakan, pendidikan berkarakter yang telah lama digulirkan di Purwakarta, hendaknya terus digelorakan dan dilakukan. Karena sekolah tidak hanya sekedar menjadi “mesin cetak”  yang hanya bisa memintarkan anak, namun tidak kepribadian. Kedepan kita ingin siswa sekolah tidak hanya pandai, namun juga memiliki jiwa keribadian yang baik, sopan, mandiri dan bertanggung jawab.

                                                       H.Teten tokoh masyarakat Sunda

“Dalam era teknologi yang serba canggih, anak anak tak cukup hanya dibekali kepandaian formal. Namun pelajaran aklak, budi perkerti, jiwa mandiri dan bertanggung jawab, hendaknya harus mulai ditanamkan sejak dini di setiap jiwa anak anak sekolah. Sehingga kelak kita akan mendapatkan generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa nasionalis serta beintregritas tinggi dan berwawasan nasional”, tegasnya.

Untuk itu lanjut Purwanto, dengan ilmu yang didapatnya, dirinya berjanji akan terus mengabdi dan melakukan perubahan dalam dunia pendidikan di Purwakarta. Sehingga anak anak sekolah di Purwakarta nantinya tidak hanya pintar dan cerdas, namun juga memiliki kepribadian dan budi pekerti yang baik.

Sementara H.Teten Budiman tokoh pemuda sekaligus budayawan tatarsunda mengapresiasi gelar doctor yang diraih Kepala Dinas Pendidikan Purwanto. Dirinya berharap ilmu serta kemampuan Kepala Dinas dalam hal pendididkan, kiranya bisa merubah dunia pendidikan di Purwakarta agara dapat lebih maju dan berprestasi. “Kita semua berharap dengan gelar doctor yang diraihnya, pak Purwanto mampu melakukan gebrakan inovasi dan kreasi,dalam  membawa perubahan dunia pendidikan di Purwakarta agar lebih baik lagi”, harapnya.( Ang)