Polres Klaten Tanam 3000 Bibit Pohon, Peduli Penghijauan.

Info Publik

ZONAPUBLIK.COM, KLATEN –  Jajaran Polres Klaten menggelar aksi penanaman sejuta pohon peduli penghijauan. Gerakan diawali dengan penanaman pohon trembesi oleh Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK MIK, dihalaman kantor Polres Klaten, Jawa Tengah, Jum’at (10/10.  Selanjutnya penanaman diteruskan ketua Bhayangkari Cabang Klaten ibu Vivi Wiyono.

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK MIK menjelaskan sesuai perintah Kapolri, aksi ini juga dilakukan serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat mabes hingga polsek. Untuk Polres Klaten serta jajarannya sedikitnya akan menanam sekitar 3000 bibit pohon. Berbagai jenis pohon yang akan ditanam, antara lain, pohon trembesi, kelengkeng, mangga dan rambutan.

“Kita turut mensukseskan program penghijauan dari bapak Kapolri. Kemarin kita mendapatkan distribusi bibit pohon, hari ini kita tanam bersama-sama dengan Polsek.”

                                           Tanah yang penuh pohon merupakan daerah tangkapan air yang baik.

Tujuan dari gerakan tersebut menurut Kapaolres, selain untuk penghijauan juga upaya dini mencegah terjadinya bencana seperti banjir atau tanah longsor. Selaian itu Pohon juga berfungsi untuk menangkap air hujan agar bisa masuk ketanah tidak langsung turun kedaerah yang lebih rendah. Sehingga bermanfaat untuk menciptakan munculnya sumber mata air baru.

“ Kita turut mensukseskan program yang dicanangkan bapak Kapolri untuk menanam pohon demi penghijauan sebagai langkah dini mencegah terjadinya bencana. Beberapa waktu lalu kita telah mendapat kiriman bibit tanaman, untuk selanjutnya segera kita tindak lanjuti dan kita distribusikan keselurh Polsek untuk menanamnya di lingkungan sekitarnya”, ujar Kapolres.

Awal tahun 2020 beberapa wilayah di Indonesia terjadi bencana alam berupa banjir dan tanah longsor. Dimana dalam kejadian itu selain selain korban matrial yang cukup besar, juga menelan korban jiwa manusia. Untuk itu demi mencegah terjadinya hal tersebut maka jajaran Polri melakukan gerakan penghijauan yang kelak nantinya akan dinikmati oleh anak cucu.”Apa yang kita lakukan saat ini adalah investasi keselamatan, yang akan dirasakan dan dinikmati oleh anak cucu kita nanti”, ujar Kapolres (tev)