Sertijab dan Kenal Pamit di Mapolrestro Bekasi Kota, Kombes Indarto Dapat Kejutan

Info Publik

POLRES Metro Bekasi Kota menggelar serah terima jabatan (Sertijab) dan Kenal Pamit 7 Pejabat Utama Polrestro Bekasi Kota, Senin (4/11/19) di aula Mapolrestro Bekasi Kota. Upacara serah terima jabatan dipimpin langsung Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol. Indarto, SH, S.Sos, S.I.K M.Si dengan dihadiri para PJU, Kapolsek, Kasat, Perwira, anggota dan pengurus Bhayangkari Polrestro Bekasi Kota.

Pada kesempatan tersebut, mewakili Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono, Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol. Indarto membacakan sumpah jabatan kepada para pejabat utama yang mendapat mutasi. “Bahwa saya, selaku pejabat kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan oleh saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab….,” demikian petikan sumpah jabatan yang dibacakan Kapolrestro Bekasi Kota kepada para Pejabat Utama saat pengambilan sumpah jabatan.

Para pejabat utama yang diambil sumpah jabatan tersebut diangkat berdasarkan Surat Telegram Kapolda Metro Jaya  Nomor: ST/945/X/KEP/2019 tanggal 30 Oktober 2019. Mereka di antaranya, Kapolsek Pondok Gede Kompol Suwari, SH yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakasat Sabhara Polres Jakarta Pusat. Posisinya digantikan Hersiantony, SH, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagops Polrestro Bekasi Kota.

Kemudian Kasat Sabhara Polrestro Bekasi Kota Kompol Herman Ruswandi, SH, MH diangkat sebagai Kabagops Polrestro Bekasi Kota. Sedangkan posisinya digantikan Kompol M. Robert Simanjuntak yang sebelumnya menjabat Wakasat Sabhara Polrestro Bekasi Kota. Sementara untuk posisi yang ditinggalkan Kompol Robert diisi AKP Kasirun, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Bekasi Selatan.

Selanjutnya Kapolsek Bekasi Timur Kompol Agung Iswanto, SE mendapat jabatan baru sebagai Kasium Polrestro Bekasi Kota. Posisinya diisi Kompol Sutoyo, SH yang sebelumnya menjabat Kanit 2 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Sedangkan untuk jabatan Kasat Tahti Polrestro Bekasi Kota dijabat Kompol H. Achmad Sayuti.

Acara sertijab yang digelar kali ini memang ada sesuatu yang berbeda dari biasanya. Sebelum berlanjut dengan acara kenal pamit, ternyata para personil sudah memberikan kejutan kepada Kapolres, yang di hari tersebut bertepatan dengan hari jadinya yang ke 46.  Suasana pun mendadak meriah, karena di acara tersebut Kapolres didaulat melakukan pemotongan tumpeng untuk memperingati hari ulang tahunnya.

Pada kesempatan itu juga Kapolres memanfaatkannya untuk sedikit menjelaskan tentang sejarah kelahirannya. “Sebenarnya saya itu bukan lahir tanggal 4. Saya lahir itu tanggal 3 November saat maghrib. Tapi karena kesalahan orangtua saya, datanya baru besok, dan saat itu pada zaman perang di Kalimantan Barat melawan komunis. Jadi memang datanya susah saat itu,” kata Indarto mengisahkan.

Di sela sertijab, Kombes Indarto juga menyempatkan diri memberikan plakat dan penghargaan kepada para pejabat utama yang diangkat, terutama kepada Kompol Suwari, SH yang akan menjalankan tugasnya di tempat yang baru, di luar wilayah hukum Polrestro Bekasi Kota.

Sebelumnya, mantan Kapolsek Pondok Gede Kompol Suwari, SH yang kini resmi menjabat sebagai Wakasat Sabhara dalam sambutannya mengungkapkan, selama dirinya bertugas tentunya tidak terlepas dari salah dan khilaf dalam pelaksanaan tugas yang belum terpenuhi.

“Di acara ini sekaligus saya mohon pamit, mohon diri untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru di Polres Jakarta Pusat. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan kepada saya dan keluarga kuat melaksanakan tugas. Walaupun saya bertugas tanpa istri…,” kata Suwari, sedikit sedih mengingat kepergian sang istri yang wafat beberapa waktu lalu.

Di tempat yang sama, Kapolres Pondok Gede yang baru Kompol Hersiantony, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, dirinya banyak belajar dan mendapat ilmu dari Kapolres selama menjabat Kabagops. “Mudah-mudahan ke depan, ilmu yang telah Pak Kapolres berikan dapat bermanfaat,” ungkapnya.

Di Pondok Gede sendiri, lanjut Kompol Hersiantony, dirinya sudah sedikit tahu banyak tentang kondisi di sana. Sehingga jikapun ada kendala kendala yang ada di Pondok Gede, mudah mudahan bisa diselesaikannya dengan baik.

Sementara dalam arahannya Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Indarto fokus pada wilayah hukum Polsek Pondok Gede. Diakuinya, memang berat menangani Polsek yang membawahi tiga wilayah kecamatan, terlebih jauh dari Polres dan merupakan daerah perbatasan. Untuk itu kepada Kompol Suwari, dirinya memberikan apresiasi yang sangat besar selama menjabat Kapolsek Pondok Gede.

“Untuk Pak Suwari, saya harus akui, saya suka cara kerja Bapak dalam mengelola Polsek Pondok Gede. Selalu pro aktif, setiap ada masalah apapun Bapak masuk. Ini yang mungkin bisa dilanjutkan Pak Hersiantony. Jadi jangan menunggu masalahnya besar dulu. Jika sudah ada potensi kerawanan, masuk saja,” ujarnya.

Untuk itu Kombes Indarto mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Pondok Gede sebelumnya. Dirinya yakin, Kompol Suwari dengan kemampuannya dapat beradaptasi dengan Jakarta Pusat dan dipakai oleh Kapolresnya. “Apapun jabatannya laksanakan dengan baik dan tetap semangat,” kata Indarto mengakhiri. ED/BAH – BEKASI