Bogor- Zonapublik.com. Musim kemarau telah tiba kebutuhan air bersihpun sulit di dapat apa lagi dengan ketergantungan dari aliran irigasi, hal ini yang di rasakan oleh warga Kampung Dampit di Rw 08 Desa Mekar Jaya Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor.

Di lokasi gotong-royong, terlihat Warga kampung Dampit tersebut membawa berbagai perlengkapan. Seperti cangkul, skop, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan irigasi yang sudah tersumbat.

Ketua Rw 08 menyikapi apa yang menjadi keluhan warganya dengan sigap Ketua RW mengintruksikan kepada para Ketua RT untuk menghimpun Dana Swadaya Masyarakat agar dapat memperbaiki saluran Irigasi.

WhatsApp Image 2021 07 17 at 23.55.54 1

Ketinggian air genangan akan meningkat akibat tidak adanya saluran pembuangan yang mampu mengurangi genangan dengan cepat. Kekeringan juga dapat mengancam jika  tidak memperbaiki saluran irigasi. Akibatnya, penyerapan nutrisi dalam tanaman menjadi terhambat karena air tidak tersedia.

Ketika terjadi hujan, air hujan tidak dapat tertampung pada saluran irigasi dan akan menyebabkan banjir di sekitar lahan. Begitu pula jika kurang baik. Ketinggian air genangan akan meningkat akibat tidak adanya saluran pembuangan yang mampu mengurangi genangan dengan cepat.Kekeringan juga dapat mengancam jika anda tidak memperbaiki saluran irigasi. Akibatnya, penyerapan nutrisi dalam tanaman menjadi terhambat.

Wargapun bergotong royong memperbaiki saluran irigasi  dengan dana seadayanya. Anggaran Dana Desa yang sudah di ajukan pada tahun 2019 sampai saat ini belum kunjung cair.

Pak Rw Koro selaku Ketua RW 08 mengapresiasi kegiatan warga, menurutnya kegiatan gotong royong ini sangat bagus mengingat kegiatan perbaikan ini juga sangat diperlukan dan dirasakan oleh Warga demi kelancaran pengairan untuk kebutuhan kita bersama.

Ketua  Rw 08 juga menambahkan mereka bergotong royong memperbaiki saluran yang macet, membersihkan sampah dan memperlebar saluran air yang menyempit sehingga aliran air menjadi lancar. Agar tidak menimbulkan jentik-jentik nyamuk, tambahnya.

Ret : Mad.Soleh Inkrim