ZONAPUBLIK.COM  – Destinasi wisata alam di Klaten bertambah lagi. Bukit cadas kering kerontang Bukit Sidoguro itu kini disulap menjadi wahana selfi yang menantang. Berbagai fasilitas baru dibangun. Gelontoran 2,8 milyar dana alokasi khusus (DAK) 2019 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) menjadikan bukit yang terletak di Desa Krakitan, Bayat Klaten layak menjadi alternatif obyek wisata klaten yang rekomendet.

Tidak hanya bisa melihat hamparan kota Klaten dari atas bukit. Pesona Rowo Jombor yang indah bersabuk perbukitan hijau dipastikan memanjakan mata setiap pengunjung. Sementara keberadaan menara pandang, dapat dijadikan tempat untuk memotret wajah Klaten dari ketinggian, termasuk Gunung Merapi dan Merbabu yang berada diutara kota Klaten.

Selain fasilitas tersebut diatas dibangunya empat pohon buatan di puncak bukit, dibangun dengan konsep  mirip taman di Singapura ditambah tiang-tiang lampu putih menyambut pengunjung menghiasi jalan setapak menuju puncak bukit membuat obyek wisata yanag dulu lebih dikenal dengan sebutan toris ini semakin tampil mempesona.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani saat meresmikan obyek tersebut meminta agar warga Klaten mampu menjaga sekaligus merawat obyek wisata yang telah dibangun agar dapat menjadi kebanggan kota Klaten. Selain itu dirinya juga berharap warga Klaten mau meviralkan keberadaan obyek wisata Bukit Sidoguro agar semakin dikenal masyarakt luas.

poyo toris2
                                                       Obyek wisata Turis Bukit Sidogoro Klaten, Jawa Tengah

“Tidak hanya menjadi tugas pemerintah untuk mempromosikan bukit toris ini. Namun saya berharap masyarakat Klaten mau memviralkan keberadaan obyek wisata ini melalui medsos. Karena ini jamanya medsos saya yakin informasi lewat medos akan jauh lebih ampuh dan cepat diterima masyarakat dimana saja”, harap Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga berjanji akan kembali membangun kawasan bukit Sidogoro tahap kedua dengan anggaran beaya Rp 2 millair. Diharapkan dengan tambahan dana dari Memenkraf fasilitas dan keindahan bukit lengendaris Klaten ini akan semakin cantik dan mempesona.

Obyek wisata Sidogora atau yang lebih dikenal puncak Topris dulu memang merupakan obyek wisata legendaris yang menjadi andalan Pemkab Klaten sekitar tahun 1970an . Puncak acara terjadi saat perayaan syawalan yang diadakan setiap 7 hari setelah hari raya Idul Fitri yang diwarnai dengan prosesi kirab gunungan dan sebar apem. Dalam kegiatan ini ribuan wisatawan dari berbagai daerah datang berkunjung. Namun dalam belasan tahun terakhir ini Toris sepi pengunjung. Karena selain banyaknya obyek wisata baru, dilokasi ini tak ada fasilitas apa-apa dan gersang. (jok