MOJOKERTO – RI Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati mendampingi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. untuk memberikan batuan program Tenaga Kerja Mikro kepada para pelaku usaha khususnya Pedagang Kaki Lima (PKL) di Balai Desa Kedungmaling Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto Kamis (5/8/2021).

Menurut Menaker Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan program Tenaga Kerja Mikro (TKM) ini untuk lima kelompok para pelaku usaha Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di Kabupaten Mojokerto yang diantaranya yaitu kelompok usaha kedungmaling, karangmojo, tanjungrono, PKL bangsa dan PKL gajahmada.

” Bantuan TKM sebesar Rp 3,4 juta di berikan Kemenaker kepada pelaku usaha untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan usaha baru bagi masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan level 4 di masa pandemi covid -19 khususnya Para Pedagang Kaki Lima yang ekonominya menjadi lemah, ” kata Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.

WhatsApp Image 2021 08 06 at 16.45.59

” Kalau bicara terdampak, kita semua terdampak dari semua sektor dan segala bidang untuk itu Pemerintah di masa pandemi covid -19 selain melakukan penangganan fokus di bidang kesehatan dengan melakukan vaksin, pemerintah juga melakukan penanganan di bidang perekonomian dengan memberikan bantuan TKM untuk pelaku usaha dan memberikan bantuan subsidi upah selama 2 bulan untuk para pekerja yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2021 pembagian akan di lakukan minggu depan sedangkan untuk pekerja yang tidak memiliki BPJS Ketenagakerjaan maka bantuan akan diberikan melalui Kementerian Sosial yaitu dengan BST Kemensos dan masih banyak lagi bantuan lainnya, ” jelas Menaker.

Acara di Balai Desa Kedungmaling ini dihadiri oleh Bupati Mojokerto, Kepala Desa Kedungmaling, Para Kepala Desa, Camat Sooko, Forum Komunikasi Kecamatan Sooko, para petinggi pratama, Para staf, Para Relawan, Bapak Ibu kelompok usaha.

” Selama PPKM level 3 dan level 4 pandemi covid -19 semua susah, masyarakat, Pengusaha, Bupati, Pemerintah juga susah, maka dari itu pemerintah memperbaiki cobaan ini dengan memberikan bantuan untuk masyarakat agar dapat meringankan beban mereka. Maka itu kita juga harus menjaga kesehatan dengan selalu prokes dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai hands sanistezer, menghindari mobilitas, ” tambah Ida Fauziyah.

Sedang menurut Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati mengucapkan selamat datang pada Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. di Kabupaten Mojokerto untuk memberikan bantuan modal kepada para pelaku usaha dan saya berharap bantuan modal ini dapat berguna bagi pengusaha yang terdampak PPKM covid -19.

” Saya harap bantuan ini juga bisa menjadikan usaha panjenengan semua menjadi lebih maju dan lebih baik lagi di masa – masa sulit seperti ini agar bisa produktif. Saya juga berharap dengan bantuan modal ini bisa menjadi pemasukkan ekonomi dan tambahan modal usaha bagi panjenengan semua. Yang paling penting sekarang kita harus mensyukuri nikmat kesehatan yang diberikan Allah agar kita bisa tetap berusaha dan bekerja, ” pungkas Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati. (Hlina)