Zonapublik.com.Ponorogo.15-10-2021.Gerakan Pemuda Indonesia (GPI) adalah organisasi nasional yang bergerak dibidang pendidikan, pengabdian, motivasi, dan sastra. Organisasi ini menjadi wadah bagi pemuda Indonesia untuk menyalurkan potensi dan ikut serta berkontribusi kepada masyarakat serta membantu pemerintah dalam mewujudkan generasi emas Indonesia yang berkualitas diberbagai bidang dan disiplin ilmu.

IMG 20211015 WA0026

Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Pemuda Indonesia mengadakan kegiatan pengabdian Ekspedisi Sapa Jambon selama 5 hari dari tanggal 7-11 Oktober 2021 di Dusun Krebet, Desa Jambon, Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini bekerjasama dengan DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Ponorogo, DPRD Kabupaten Ponorogo, DPD PAN Kabupaten Ponorogo, Yatim Mandiri, ACT, BMH, dan Dompet Dhuafa.

Selain itu, kegiatan ini juga dibuka oleh Bupati Ponorogo dan dihadiri oleh DPRD Provinsi Jawa Timur, DPRD Kabupaten Ponorogo, DPD PAN Kabupaten Ponorogo, Camat, Kapolsek, Lurah, dan masyarakat Jambon.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik dan harus terus dilakukan oleh anak muda. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan masyarakat karena programnya bagus-bagus. Saya pun meminta kepada panitia dan Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Indonesia kalau bisa kegiatan ini dilakukan selama 1 tahun di Ponorogo.” Ungkap Pak Sugiri, Bupati Ponorogo.

IMG 20211015 WA0028

Delegasi kegiatan Ekspedisi Sapa Jambon ini berjumlah 40 orang yang berfokus pada bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kreatif. Dalam bidang kesehatan, program yang dilakukan seperti, skrining kesehatan, penyuluhan kesehatan, dan membantu pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di Balai Desa Krebet. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan kegiatan senam pagi bersama lansia Dusun Krebet.

Dalam bidang pendidikan terdapat beberapa program unggulan, yaitu pojok literasi, kelas budaya, english fun, kelas motivasi, outbound, dan pemberian donasi buku kepada anak sekolah SDN 2 Krebet, Jambon. Sementara itu dalam bidang Ekonomi Kreatif, terdapat beberapa program unggulan, yaitu pembuatan lapis kukus ubi & jagung, pembuatan cookies kering, pembuatan cireng jagung dan sosialisasi pemasaran melalui marketplace.

IMG 20211015 WA0027

Menurut Amelia Yusfi, salah satu delegasi yang berasal dari Pacitan, dengan mengikuti kegiatan ini dapat menyadarkan dan melatih diri untuk lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini. Karena ternyata masih banyak sekali masyarakat yang lebih berkekurangan dan membutuhkan bantuan dari kita.

Amelia pun menambahkan, kegiatan ini menjadi wadah aktualisasi potensi diri dan menjadi self healing terbaiknya. Ia pun merasa senang mengikuti kegiatan ini karena bertemu dengan berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Selain itu, Gerakan Pemuda Indonesia juga menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako, masker & handsanitizer, dan Al-Quran ke masyarakat berkebutuhan khusus dan tempat ibadah.

Menurut Faiz Arsyad, Founder Gerakan Pemuda Indonesia, kegiatan ini memang bertujuan untuk membentuk diri menjadi sebaik-baiknya manusia yang mampu memberikan manfaat untuk orang lain.

“Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kontribusi anak muda kepada bangsa dan negara. Saya pun berharap, semoga semakin banyak lembaga atau organisasi yang melakukan kegiatan serupa agar manfaatnya dapat semakin luas dirasakan. Semoga Allah SWT meridhoi ikhtiar baik kita, Aamiin.” tutup Faiz.( Red)