ZONAPUBLIK.COM KLATEN – Angin puting beliung kembali mengamuk, obyek wisata air umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten Jawa Tengah “hancur” tersapu angin. Peristiwa yang terjadi Jum’at (3/1) sore, merusak berbagai bangunan dikomplek wisata tersebut. Atap gazebo, Baliho, tempat parkir serta fasilitas lainnya rusak dan roboh. Beruntung dalam kejadian yang berlangsung sekitar 3 menit tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Pengunjung yang berada dilokasi langsung berhamburan mencari perlindungan saat angin puting beliung datang.

Menurut keterangan salah seorang saksi yang juga penjaga umbul Ponggok Buteng (41) angin yang datang dari arah timur menyapu komplek wisata Ponggok sekitar pukul 15.45 sore hari bersamaan dengan turunya hujan lebat. Warga dan pengunjung berhasil menyelamatkan diri, karena sebelum angin sampai lokasi warga sudah mulai berhamburan menyelamatkan diri mencari perlindungan.

“Saat itu turun hujan cukup lebat, tiba tiba terdenegar suara gemuruh dari arah timur yang ternyata angin puting beliun. Saat itu juga semua pengunjung dan warga bergegas menyelamatkan diri mencari perlingdungan. Sehingga saat angin lesus datang, tidak ada korban jiwa. Namun beberapa fasilitas wisata seperti papan baleho, tempat parkir, gazebo serta beberapa fasilitas lain hancur berterbangan tersapu putting beliung”, ujarnya.

Kepala Desa Ponggok Junaedi Mulyono saat dikonfirmasi membenarkan jika obyek wisata Ponggok yang dikelola oleh BUMDes Tirta mandiri mengalami rusak cukup parah karena diterjang angina putting beliung. Diakaui banyak fasilitas wisata yang hancur seperti rumah joglo, sarana parkir, papan  baliho, serta fasilitas lainnya. Namun demikian dirin ya tetap bersyukur karena dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa.

suasana ponggok1
Suasana obyek wisata Ponggok Klaten, setelah diterjang angin puting beliung

“Kejadiannya sangat cepat mas. Apa yang telah kita rintis dan bangun selama ini semuanya rusak dalam sekejap.  Tapi kami beruntung dan tetap bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Jika melihat kerusakan yang ada kami perkirakan kerugian mencapai sekitar 1 milliar rupiah”, ujarnya.

Menurut Joned panggilan akrab Kepala Desa, saat ini pihaknya tengah melakukan inventarisasi jenis kerusakan serta menghitung jumlah kerugian yang ditimbulkan secara rinci. Setelah itu dirinya berjanji akan secepatnya membangun kembali semua fasilitas yang rusak agar obyek wisata kembali normal dan bisa dikunjungi wisatawan.

Obyek wisata air dan bawah air Umbul Ponggok merupakan obyek wisata air di Klaten yang banyaka memiliki keindahaan dan keunikan alam. Disini pengunjung bisa melakukan swa foto dalam air atau melakukan snorkeling sambil melihat keindahan bawah kolam yang dipenuhi berbagai ikan.

Berkat sentuhan tangan dingin sang kepala desa obyek wisata yang kini di kelola oleh Bumdes Tirta Mandiri tersebut menjadi salah satu destinasi wisata andalan Klaten yang namanya sudah begitu terkenal hingga manca negara. (tev)