ZONAPUBLIK.COM, BOGOR – Tim relawan BNPB meminta bantuan pengiriman bahan baku ke Desa Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Selasa (7/1) dengan menggunakan Helikopter. Hal ini dilakukan karena wilayah ini hingga sekarang tidak dapat ditembus oleh kendaraan apa pun. Kedatangan tim relawan dari BNPB sekitar pukul 12.30 dilapangan desa Urug yang terletak sangat dibelakang kantor kelurahan, langsung melibatkan aparat desa setempat. Sementara di tempat terpisah Polresta Bogor menggelar apel peduli Bencana dipimpin langsung Kapolresta Bogor Kombes Pol Hendri Fiuser.SIK.MHum.

Bantuan yang dibawa tim relawan dari BNPBakup sembako, karpet, selimut, obat-obatan dan pakaian serta perlengkapan balita. Bantuan langsung diberikan kepada pemerintah desa dan diterima langsung Babinsa Ciomas Sertu Dinarto. Selanjutnya bantuan segera diterbitkan pada masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang memiliki balita. “Kita akan segera mengirimkan semua bantuan untuk korban banjir dan longsor”, ujar Sertu Dinarto.

bantuan bnpb
Tim Relawan BNPB serahkan bantuan warga desa Urug

Desa Urug sendiri merupakan salah satu desa di kecamatan Sukajaya Bogor yang kondisinya paling parah. Berhubungan dengan banjir dan tanah longsor Selasa malam (1/1) perdebatan rumah hancur terbawa longsor. Semua akses jalan dan fasilitas umum lainnya rusak tertimbun tanah. Hingga saat ini desa ini belum dapat ditembus oleh kendaraan karena semua akses menuju desa Urug tertimbun lonsor dan rusak parah. Sementara ribuan penduduknya telah diungsikan ketempaat yang aman.

Sementara itu Rabu Pagi (8/1) dalam apel yang dipimpin langsung Kapolresta Bogor Kombes Pol Hendri Fiuser, SIK.Mhum diintruksikan pada semua anggota serta staf sipil untuk menyisihkan beberapa rejekinya guna membantu banjir dan longsor di Sukajaya dan Lebak.

poto polresta bogor bencana
Anggota Polresta Bogor mengumpulkan donasi

Ajakan Kapolresta ini langsung direspon oleh seluruh anggota Polresta Bogor dengan mengedarkan kotak kontribusi untuk semua anggota tanpa terkecuali. “Bersyukur kita yang ada di sini tidak apa-apa yang diterima saudara kita yang ada di sana. Namun kita ikut merasakan apa yang mereka rasakan di sana. Maka menjadi kuwajiban kita ikut berbagi bantuan mereka, dengan menyisihkan sebagian rejeki untuk kita berikan pada mereka ”, ujar Kapolresta.

Sementara itu Paur Humas Polresta Bogor kepada Ipda Desti Iryanty, SE mengatakan, penggalangan dana yang dilakukan Polresta Bogor tidak hanya dilakukan di Polresta. Semua anggota yang ada di kantor Polsek seluruh wilayah Polresta Bogor juga melakukan hal yang sama. Jika sudah terkumpul semua bantuan akan segera disalurkan ke korban bencana banjir longsor di beberapa lokasi.

“Kegiatan ini kami lakukan serentak, baik di jajaran Polresta Bogor hingga ke seluruh Polsek yang ada. Semua bantuan yang terkumpul nantin ya kita akan serahkan langsung kepada warga korban di kecamatan Sukajaya dan lainnya ”, demikian kata Ipda Desti Iryanty.SE. (ilv)