ZONA PUBLIC.COM – KLATEN – Bupati Klaten Hj Sri Mulyani Selasa pagi (26/11) menyerahkan 401 unit sepeda motor baru jenis Yamaha NMAX kepada seluruh Kepala desa dan lurah di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Bertempat di pendopo dan halaman Pemkab Klaten penyerahan ditandai dengan aksi orang nomor satu di Klaten ini menjajal motor baru yang diikuti Ketua DPRD Klaten Hamenang. Pemberian motor dinas baru itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dihadapan Kepala Desa Bupati Klaten menjelaskan, 401 motor Yamaha NMAX yang semuanya berwarna merah tersebut, perinciannya masing-masing untuk kades 391 unit dan lurah 10 unit. Sedang 26 unit motor baru jenis Honda Supra X 125 diserahkan untuk 26 Kepala Seksi (Kasi) Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) se Kabupaten Klaten.

Kepada seluruh kepala desa dan lurah Bupati berpesan, motor dinas baru yang dipinjam-pakaikan Pemkab Klaten tersebut dirawat dengan baik. Dengan kendaraan baru diharapkan agar kades dan lurah serta Kasi Trantibum dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dan selalu bersikap ramah pada masyarakat. Selain itu Dirinya juga mewanti wanti kepala desa harus harus bisa melayani, melindungi dan berupaya menyejahterakan masyarakat di desa dan kelurahannya masing-masing.

“Saya ingin dengan fasilitas baru ini para kepala desa, lurah dan anggota trantip bisa lebih baik dalam melayani masyarakat dalam segala hal. Jadilah pejabat yang mampu melayani, mengayomi dan memberi rasa aman pada rakyat dan bisa mensejahterakan rakyat”, harap Bupati.

Untuk itu Bupati meminta agar Dana Desa (DD) yang diterima selama ini, sebagian bisa digunakan untuk mendukung program Pemkab Klaten dalam rangka pengentasan kemiskinan. Untuk itu setiap desa diminta menganggarkan dana Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 10 unit tiap tahun, serta menganggarkan pemihakan untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun TK Pertiwi yang ada di desanya masing-masing.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, juga berpesan agar setiap desa dan kelurahan juga memprogramkan pembangunan gedung pertemuan untuk kegiatan warga dan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Saat ini di Klaten sudah terbentuk 292 BUMDes dan 99 desa lainnya yang belum membentuk BUMDes agar segera membentuk BUMDes dengan mengelola potensi desanya masing-masing.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Klaten, Muh Himawan Purnomo, SSTP MSi menjelaskan, biaya untuk pengadaan 401 unit motor Yamaha NMAX untuk kades dan lurah serta 26 unit Honda Supra X untuk Kasi Trantibum berasal dari APBD Perubahan tahun 2019. Perinciannya untuk 401 unit motor Yamaha NMAX setiap unit harganya Rp27.500.000 sehingga jumlahnya Rp 11.027.500.000 dan 26 Honda Supra X setiap unit Rp 18.200.000 sehingga jumlahnya Rp 473.200.000.

Dikatakan, sebelum penyerahan motor untuk kades, lurah dan Kasi Trantibum, pada Senin, 25 November 2019 juga sudah diserahkan motor Suzuki Titan eks kades untuk Sekretaris Desa. Motor eks kades yang digunakan untuk Sekdes masih dalam kondisi baik(jerro)