ZONAPUBLIK.COM BOGORDalam rangka menciptakan iklim sejuk dan suasana yang kondusif di wilayah Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Camat Klapanunggal, Bogor Jawa Barat menggelar deklarasi damai yang dihadiri dua ormas yang ada di Bogor yakni Pemuda Pancasila (PP) dan Badan Pembina Potensi Keluarga Besar Banten (BPPKB). Deklarasi digelar menyusul adanya bentrok dua ormas tersebut di bilangan Yasmin, tepatnya di depan Lotte Mart jalan Soleh Iskandar Kota Bogor Senin malam (20/1) lalu.

Dalam deklarasi damai yang diprakarsai Camat Klapanunggal Drs Ahmad Kosasih Msi dan Kapolsek Klapanunggal  AKP Andri Frans Ferdyawan, diruang aula Kecamatan, dihadiri sekitar 20 anggota dari kedua ormas serta unsur Muspika lainnya.

Camat Klapanunggal Drs Ahmad Kosasih.MSi kepada wartawan mengatakan,pertemuan dua ormas tersebut sebenarnya merupakan keinginan bersama demi menciptakan iklim sejuk di wilayah Klapanunggal. Dirinya beserta Kapolseki serta Danramil sifatnya hanya menjembatani dan memfasilitasi, agar pertemuan tersebut dapat berlangsung secepatnya. Hal tersebut dilakukan agar dampak dari peristiwa di Yasmin tidak merembet ke Klapanunggal.

“Sebenarnya pertemuan ini bukan saya atau pak Kapolsek yang memprakarsai, namun semua bisa  terlaksana karena keinginan bersama masyarakat Klapanunggal untuk menciptakan wilayahnya tetap sejuk, aman, tenang dan kondusif. Sehingga pertemuan dapat berjalan lancar penuh dengan rasa persaudaraan dan keakraban”, ujar Camat Klapanunggal Drs Ahmad Kosasih.

poto deklarasi damai pp dan pkkb 2
  Bersatu. PP dan BPPKB bersinergis demi ketentraman rakyat

Pernyataan sama juga disampaikan Kapolsek Klapanunggal AKP Andri Frans Ferdyawan didampingi Kasat IPP Ipda Agus Sugiarto yang mengatakan pihaknya hanya menjembatani dan memfasilitasi agar pertemuan dua ormas tersebut secepatnya dilakukan guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Dan Alhamdullilah kedua belah pihak sepakat untuk segera bertemu demi terciptanya suasana yang kondusif di Klapanunggal.

“Saya mengucapkan terima kasih baik dari PP dan BPPKB yang dengan jiwa besar, lebih mementingkan kepentingan umum dari pada mengutamakan kepentingan kelompok. Dengan bertemunya mereka dalam satu meja untuk bermusyawarah mencari titik temu demi terciptanya deklarasi damai, menunjukkan kedewasan sikap, yang patut dicontoh dan kita hargai”, tegas Kapolsek.

Sementara dalam pertemuan yang diwarni semangat kebersamaan, tampak anggota kedua ormas saling bersalaman dan berangkulan. Tak da sedikitpun di wajah mereka raut dendam atau emosi, walau ormas mereka beberapa hari lalu saling serang terlibat tawuran. Merekapun berjanji siap menjaga wilayah Klapanunggal tetap tenang, aman, nyaman dan tentram.(ndi/nig)