ZONAPUBLIK.COM- Klaten – Untuk yang kesekian untuk Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, SIK, MIK Jum’at pagi (22/11) langsung melakukan kegiatan sosial bertajuk Jum’at berkah di tempat parkir tiga lantai Klaten dan area parkir Matahari Klaten . Kali ini diberikan 75 nasi bok dan sembako yang diberikan pada para kuli kuli panggul di pasar Klaten dan tukang becak yang sering mangkal di alon-alon dan pusat kuliner kota Klaten.

Ada yang berbeda dalam kegiatan kali ini dengan kegiatan awal. Karena saat ini Polres Klaten tidak hanya memberikan bingkisan nasi kotak dan sembako, namun juga menggelar layanan kesehatan berupa cekensi darah, kolesterol hingga pengobatan dan pemberian obat ringan.

Kepada media awam Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, SIK, MIK mengatakan, Jumat Berkah merupakan wujud kepedulian petugas kepolisian khusus seleuruh anaggota polisi di jajaran Polres Klaten, bagi masyarakat, juga yang bernasib kuranag baik. Dan ini juga merupakan cerminanjika. Polisi tidak pernah membeda-bedakan dalam melayani masyarakat, menentang menjadi kuwajiban untuk seluruh petugas.

“ Sebagai sesama umat beragama dan kebetulan saya diberi amanah menjadi Kapolres, maka sudah menjadi kuwajiban dan tanggung jawab saya untuk ikut peduli kepada sesama. Kita tidak pernah memebeda-bedakan dalam memberi pelayanan pada masyarakat. Namun untuk kegiatan sosial Jum’at berkah ini, kita perioritaskan pada semua saudara kita yang nasibnya kurang baik”, ujar Kapolres.

Menurut AKBP Wiyono, Jumat Berkah sudah menjadi agenda rutin Polres Klaten dan seluruh Polsek se Kabupaten Klaten. Dalam teknisnya, Polri bekerja sama dengan aparat kecamatan baik Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) dan Kepala Desa (Kades) maupun perangkat desa untuk mendata warga yang layak menerima bantuan. Dijelaskan lebih lanjut menerima santunan diutamakan untuk para yatim piatu yang ada di panti asuhan, buruh tani, warga kurang mampu, orang tua jompo, difabel, pengamen, anak jalanan, abang becak, ojek, kuli panggul dan komunitas lainnya.

Terkait dengan anggaran yang dikeluarkan Kapolres mengatakan semua yang kami berikan pada mereka adalah tentang infak dan sodakoh bagi seluruh anggota di jajaran Polres Klaten yang rutin dikumpulkan selama 2 kali.  tegasnya. (jerro)