ZONAPUBLIK.COM BEKASI – Insan Pers dan LSM yang tergabung dalam keluarga besar Gemantara Raya Cabang Bekasi, Jum’at siang (3/1) menggelar aksi kemanusiaan mengunjungi sekaligus memberi bantuan logistik pada korban bencana banjir Bekasi. Dipimpin langsung ketua DPC Gemantara Raya Bekasi Gunawan serta penasehat Gemantara H. Taslim, rombongan menuju salah satu lokasi bencana banjir yakni desa Suka Karsa dan desa Suka Karya, Kecamatan Suka Karya Kabupaten Bekasi Jawa barat.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan Gemantara Raya Bekasi berkenan menyerahkan bantuan logistik yang berupa bahan makanan, pakaian, serta kebutuhan lainnya. Bantuan diberikan langsung ketua Gemantara Cabang Bekasi Gunawan kepada pemerintah desa setempat yang diwakili Sekretaris desa Suka karya Suparman.

Usai menyerahkaan bantuan,  Gunawan mengatakan kepada Sekdes agar masyarakat  tidak menilai besar dan jumlah bantauan yang diberikan. Namun keiklasaan serta niat baik dari seluruh personil Gemantara raya yang peduli terhadap saudaranya yang tengah musibah, kiranya itu lebih utama dan bermanfaat serta menjadi berkah.

poto dpc gemantara 2
  Ketua Gemantara Bekasi Gunawan.

“Jangan melihat dari besar dan jumlah bantuan yang kami berikan. Tapi niat dan ketulusan kami untuk saling berbagi dan menolong semua saudara kita yang tengah menerima musibah itu lebih penting. Walau jumlahnya tidak seberapa namun kami berharap, sumbangan ini dapat bermanfaat dan dapat sedikit mengurangi beban saudaraku yang saat ini tengah mengalami musibah”, ujarnya.

Hal sama juga disampaikan H Taslim kepada beberapa tokoh masyarakat dan warga setempat usai menyerahkan bantuan. Kepada warga penasehat Gemantara Raya ini meminta agar warga tetap sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan musibah banjir yang hampir menggenangi seluruh wilayah Jabodetabek ini. Untuk itu dirinya meminta agar mulai saat ini warga mau berpola hidup sehat dan benar.

H. Taslim meminta mulai saat ini warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Karena bagaimanapun juga salah satu penyebab banjir adalah tersumbatnya sungai dan got aliran air oleh sampah yang menggunung. Ditambah tidak adanya daerah tangkapan air di daerah hulu,  karena hutanya rusak oleh ulah manusia, sehingga air tidak bisa meresap ke tanah namun langsung mengalir menuju daerah yang lebih rendah. Untuk itu dirinya berpesan agar mulai saat ini warga mau menjalankan pola hidup sehat tanpa merusak lingkungan dan eko sistim yang ada disekitarnya.

“JIka kita sudah melakukan itu semua, minimal kita sudah berusaha menjaga lingkungan kita sendiri terbebas dari bahaya, serta menyelamatkan diri kita, dan masyarakat sekitar dari ancaman bencana”, harapnya.

ketua gemantara bekasi 1
 Lokasi Banjir di Desa Suka Karya, Bekasi.

Sementara mewakili masyarakat desa Suka Karya dan Suka Karsa Sekretaris desa Suka Karya Suparman mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian keluarga besar Gemantara raya Bekasi yang telah berkenan memberikan bantuan pada warganya. Dirinya berjanji akan segera mendistribusikan bantuan tersebut kepada warganya yang terkena musibah.

“Mewakili masyarakat serta pemerintah desa, kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian serta bantuan yang diberikan keluarga besar Gemantara raya Bekasi. Kami akan segera mendistribusikan bantuan tersebut kepada mereka yang berhak. Dan semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan mengurangi beban warga Suka Karya dan Suka Rasa”, ujarnya.

Usai mengunjungi desa Suka Karya rombongan Gemantara Bekasi yang juga diikuti oleh seluruh personil wartawan Gemantara TV dan LSM Gemantara Raya, meninggalkan lokasi untuk meneruskan kegiatan yang sama di tempat lain. (Gemantara raya )

Editing : Shili Maulana

Reporter : gemantara raya (nunu)