IMG 20191121 WA0030

KLM Cahaya Mandiri Habis dilalap Api.

zonapublik.com SEMARANG – Peristiwa kebakaran Kapal Layar Motor (KLM) Cahaya Mandiri terjadi di dermaga pelayaran rakyat tepat di depan kantor KSOP Tanjung Emas Semarang pukul 13.30 (Kamis 21/11/2019). Berdasar keterangan yang disampaikan oleh Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang Ahmad Wahid MT.MM. Sebelum api melumat semua bagian kapal sempat terdengar suara ledakan.

IMG 20191121 WA0031

“Awalnya ada ledakan diduga dari dapur kapal ABK yang sedang memasak, pada saat terjadi ledakan kebetulan kita sedang ada kegiatan di Kantor KSOP maka ketika mendengar dan melihat kapal terbakar saya langsung beri komando anggota untuk menggerakkan kapal lain yang sandar berdekatan dengan kapal yang terbakar tersebut untuk memisahkan diri agar tidak ikut terbakar.”

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa dalam kejadian ini ada 2 korban mengalamai luka bakar dari pihak Anak Buah Kapal (ABK) yang sudah langsung dilarikan ke RS. Panti Wilasa, Semarang guna mendapatkan perawatan.
Meski sudah dikerahkan 6 Unit Mobil pemadam kebakaran dan juga 1 mobil water canon dari Polrestabes Semarang serta Kapal Tunda KT Jaya Negara 304 namun kencangnya hembusan angin membuat proses pemadaman api berlangsung cukup lama. Api baru berhasil dijinakkan pukul 15.45. Kapal milik Basarnas yang saat kejadian sandar berdekatan dengan KLM Cahaya Mandiri juga ikut terbakar di bagian sisi kirinya. Tercatat beberapa sepeda motor milik warga meleleh akibat hawa panas dari kebakaran tersebut.

KLM Cahaya Mandiri adalah kapal bermuatan kebutuhan pokok tujuan Kalimantan. Saat terbakar dalam kapal tersebut terdapat muatan yang mudah terbakar antara lain: Busa kasur, Springbed, sembako serta terlihat puluhan tabung gas yang terdapat di palka kapal.
Ini adalah peristiwa kebakaran kapal kedua dalam sepekan ini yang terjadi di Pelabuhan Tanjung emas Semarang, sebelumnya 14/11/2019 lalu Kapal Patroli Polisi juga terbakar diduga saat melakukan proses pengisian bahan bakar. (Mby)