ZONAPUBLIK.COM BOGORDalam rangka memperingati Miladnya yang ke 38 Pondok Pesantren Tarbiyyatul Huda yang beralamat di kampung Legok Nyenang, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat, menggelar acara Tablik akbar. Dalam acara yang dihadiri ketua umum Gerakan Pemuda Muslim Nusantara (GPMN) Buya Gonjales, panitia penyelenggara juga memberi santunan kepada ratusan jamaah anak yatim. Hadir pula dalam acara tersebut  Habib Husen serta Al Habsyi dari Solo, Kh Firmansyah.

Pengasuh sekaligus pendiri pondok pesantren Tarbiyyatul Huda Ibnu Bunyamim Syarif dalam tausiahnya mengatakan memberi dan menyantuni anak yatim adalah bagian dari anjuran yang diperintahkan Kanjeng Nabi Muhammad SAW, kepada semua umat Muslim yang dianggap telah mampu dan bisa bersodakoh. Hal tersebut tercermin dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori.

“ Memberi santunan atau sedekah pada anak yatim memang sering menjadi pilihan utama masyarakat, khsusunya umat Muslim untuk berbagi rejeki. Karena sesuai yang dianjurkan kanjeng Nabi Muhammad SAW yang teriwayat dalam Hadis Imam Bukhori, disebutkan akan memperoleh kedudukan yang tinggi di Surga bagi siapa saja yang dekat dan peduli pada anak yatim”, ujar Ibnu Bunjamim Syarif.

pendiri pondok pesantern 1
                                         Ibnu Bunyamim Syarif pendiri pondok pesantren Tarbiyyatulah Huda

Selain menggelar tabligk akbar, dalam milad ke 38 pondok pesantren, Ibnu Bunyamim Syarif mengatakan, pihak pondok juga berkesempatan membagikan santunan pada sekitar 400 anak yatim yang ada di wilayah kecamatan Ciomas dan sekitarnya. Santunan berupa uang, sembako serta peralatan santri, diharapkan bisa bermanfaat dan digunakan dengan baik,  serta bisa sedikit mengurangi beban mereka.

Sementara beberapa anak yatim mengaku bahagia dan senang dengan adanya tabligk akbar memperingati Milad ke 38 pondok pesantren Tarbiyyatul Huda. Selain banyak mendapat tausiah dari para ulama, meraka juga dapat lebih dekat bersilahturohmi dengan saudara yang lain. Dan lebih senang lagi karena pihak Pondok pesantren juga membagikan santunan baik berupa uang, sembako serta keperluan santri.

rombongan pondok pesantern diruang
                                           para pengasuh pondok pesantren Tarbiyyatulah Huda Caringin Bogor

“ Saya senang bisa ikut dalam acara ini. Karena selain dapat santunan dari pak Kyai, disini saya dapat belajar banyak dari tausiah yang diberikan para ustazd. Selain itu kita bisa lebih akrab dan erat menjalin silahturomi satu sama lain”, ujar salah satu anak yatim.

Dalam acara tabligk akbar yang digelar sejak pagi hingga sore hari di komplek pondok pesantren Tarbiyyatul Huda, ratusan anak yatim serta para santri dan jamaah pengajian dan warga se kecamatan Caringin tampak hadir memadati tempat yang disediakan. Tabligk akbar berjalan lancar hingga akhir acara. (ilv)