wakapolres Klaten 1

Polres Klaten Dan Eva Yuliani Bagikan Alat Bantu Dengar, Penderita Tuna Rungu.

Headline

ZONAPUBLIK.COM KLATEN – Memasuki minggu ke 9 pelaksanaan kegiatan sosial kemanusiaan  yang digelar Polres Klaten dalam  program Jum’at berkah, Polres Klaten bersama Eva Yuliani anggota DPR RI dari Komisi III serta Kodim 0723 Klaten, mengunjungi masyarakat difabel yang tergabung dalam wadah Persatuan Tuna Rungu Klaten (PTRK). Dalam kunjungan sosial yang berlokasi di desa Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Klaten Jawa Tengah tersebut Polres Klaten beserta Eva Yuliani berkenan memberikan sejumlah alat bantu pendengaran.

Selain memberi alat bantu dengar, rombongan yang disertai 2 tenaga dokter ahli THT dari Polres Klaten dan dokter specialist THT RSD Bagas waras Klaten juga memberi layanan kesehatan pada penyandang tuna rungu. Daamaa pemeriksan tersebut satu persatu anak dilihat dan diperiksa kupingnya, untuk diketahui sampai sejauh mana penyakit yang dideritanya. Jika ada penyakit yang kemungkinan besar dapat disembuhkan, maka Polres akan bekerja sama dengan RSD Bagas waras untuk menindak lanjuti pemeriksaan lebih lanjut.

“ Jika melihat dari kondisi kuping, rata rata mereka sudah mengalami gangguan gejala tuna rungu sejak lahir. Namun demikian kita akan tetap berusaha semaksimal mungkin jika ada pasien yang sekiranya memiliki prosentase kesembuhan tentu akan kita tindak lanjuti. Dan untuk sementara mereka kita bantu dengan pemasangan alat bantu dengar dan cara menggunakannya”, ujar Dinar dokter spesialist THT RSD Bagas Waras Klaten.

Sementara itu Eva Yuliani disela-sela aksi sosial tersebut mengatakan, kegiatan yang dilakukan Polres sangat bagus dan positip. Kegiatan ini hendaknya dapat dicontoh oleh instansi lain dan semakin ditumbuh kembangkan.” Saya salut dengan pak Kapolres Klaten yang memiliki ide brilliant terkait aksi kemanusiaan yang sangat bermanfaat dan tepat sasaran”, ujarnya.

wakaapoalres klaten2
                              Wakapolres Klaten Kompol Moh Zulkifar SIK bersama Eva dan jajaran Kodim Klaten

Terkait bantuan alat bantu dengar yang terbatas, Eva mengatakan, untuk sementara yang dapat dilakukan hanya 40 unit alat bantu, 20 dari dirinya dan 20 unit dari Polres Klaten. Dan dalam kesempatan kali ini tidak semua mendapatkan alat bantu. Melainkan mereka yang memang benar-benar membutuhkan sesuai hasil pemeriksaan dokter yang menangani. Kedepan jika memang masih dibutuhkan dirinya siap membantu.

Wakapolres Klaten Kompol Moh Zulkifar SIK menjelaskan selain memberi bantuan alat dengar dalam kesempatan tersebut juga diselengggarakan pemeriksaan  kesehatan gratis serta pembagian sembako juga nasi kotak. Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik karena adanya sinergisitas antara Polres dan jajaran Kodim Klaten serta dinas terkait lainnya.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Polres. Namun setiap Polsek dan Koramil yang ada diseluruh Kabupaten Klaten juga melakukan hal sama. Dibantu dinas lain serta unsur pemerintahan dan masyarakat mereka  bahu membahu membantu dan peduli pada saudaranya yang membutuhkan. Dan semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban mereka”, ujar Wakapolres.

Sementara Setyo Widodo Sekretaris PPDK, mewakili komunitas tunarungu Klaten mengucapkan terima kasih atas kepedulian Polres Klaten, Kodim, anggota DPR RI serta dinas terkait lainnya yang telah memberi bantuan pada anak asuhnya. “mewakili anak anak saya mengucapkan terima kasih. Semoga dengan bantuan alat dengar ini anak anak dapat memotivasi semangat belajar mereka dan lebih percaya diri dalam menjalani hidup”, ujarnya. (tev)