ZONAPUBLIK.COM, KLATEN –  Jajaran tim resmob Polres Klaten berhasil membekuk Henry Syurianata pelaku pencurian yang beraksi di gereja Maria Asumta Klaten, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Aksi nekad warga Cikarang, Bekasi, Jawa barat ini terbongkar berkat rekaman CCTV yang terpasang digeraja. Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya kini pelaku masih dalam proses pemeriksaan di Mapolres Klaten Jawa Tengah.

Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan uang senilai Rp 20 juta hasil curian serta satu telepon genggam. Selain itu petugas juga mengamankan 28 potong pakaian baru siap jual yang diduga dibeli dari hasil uang kejahatan.

Wakapolres  Klaten Kompol Zulfikar Iskandar dalam keterangan persnsya mengatakan jika pelaku yang sehari hari berprofesi sebagai penjualan pakaian di Malioboro Yogyakarta ini memang spesialis pencuri di gereja dengan sasaran rumah Romo atau Pastur. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik. ”Dari keterangan tersangka dia mengaku sudah beberapa kali melakukan aksi serupa di beberapa gereja”, ujar Wakapolres.

pelaku pencuri gereja1
                                                                       Henry Pelaku spesialit pencuri Gereja

Dalam melakukan aksinya di gereja Maria Asumta Klaten seperti yang terekam di layar CCTV, pelaku ini menyamar sebagai umat yang ikut perosesi kebaktian gereja. Namun disaat suasana ibadah berlangsung yang bersangkutan secara perlahan meninggalkan bangku dan masuk kedalaam rumah pastur.

Dalam aksinya tersebut pelaku berhasil menggasak uang milik Pastur sebesar Rp 25 juta serta 1 unit telepon genggam. Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku terancam hukuman pidana selama 5 tahun, melanggar pasal 362 KUHP tentang pencurian. (tev)