ZONAPUBLIK.COM – PURWAKARTA – Banjir menerjang sebagian besar Perum Bukit Panorama Indah, Purwakarta, Jawa Barat, selasa (31/12). Sejumlah rumah yang berada di tiga kelurahan, antara lain Kelurahan Ciseureuh, Nagri Kaler dan Munjul Jaya, Purwakarta, Jawa Barat. Air yang berasal dari luapan air dari sungai yang terletak tak jauh dari lokasi perumahan masuk kerumah rumah penduduk. Akibatnya hampir semua aktivitas warga lumpuh.

Hujan deras yang turun sejak sore hari sekitar pukul 14.30, membuat sungai serta  saluran air utama yang berada persis ditengah perumahan tak mampu menampung luapan air, yang akhirnya menggenangi rumah penduduk hingga setinggi lutut orang dewasa. Hingga saat ini belum diketahui berapa kerugian yang diderita warga.

Dari hasil pantauan ZP dilapangan tampak banjir paling parah terjadi di Blok J dan S, RW 12 Kelurahan Nagri Kaler. Hampir semua rumah yang berada di blok itu tergenang. Air selokan yang berwarna hitam pekat bercampur tanah merah pun masuk ke dalam rumah. Lalu lintas kendaraan juga tergangu karena semua jalan tergenang air.Pemandangan serupa juga terjadi di Blok A dan B, RW 13 Kelurahan Ciseureuh. Luapan air dan lumpur  yang masuk rumah mereka sejak sore hari, membuat warga sibuk membersihkan rumah dan perabotan yang terendam air.

banjir di purwakarta
                    Banjir menggenagi rumah warga di perumahan Bukit Panorama Indah Purwakarta

Sementara banjir lebih banyak diakibatkan kondisi saluran air yang terlalu kecil dan penuh dengan sampah. Kondisi tersebut semakin diperparah dengan keberadaan  perumahan yang berada jauh lebih rendah dari daerah sekitarnya yang otomatis menjadi daerah buangan air dari atas, jika terjadi hujan deras.

Kondisi seperti ini sebenarnya sudah berkali kali dilaporkan pada pemda setempat namun sejauh ini belum ada tanggapan. Warga yang berulang kali melakukan kegiatan gotong royong membersihkan saluran sifatnya hanya penanganan sementara. Saluran kembali tersumbat karena  banyaknya warga yang membuang sampah disaluran air ditambah kotoran sampah dari atas.

“Sebenarnya warga sudah berkali kali melapor pada dinas terkait agar saluran yang ada di perumahan kami segera diperbaiki dengan cara diperlebar atau ditambah kedalamannya. Sehingga jika turun hujan airnya tidak meluap. Namun permintaan tersebut hingga kini tidak pernah ditanggapi”, ujar salah satu warga setempat.

Banjir yang terjadi Sabtu sore adalah banjir yang kesekian kalinya menimpa warga perumahan Bukit Panorama Indah dan daerah lain sekitarnya. Mereka berharap dinas terkait serta Bupati Purwakarta segera melakukan upaya pembenahan agar, warga terbebas dari banjir yang selalu dirasakan jika musim hujan.

“ Kita semua berharap Bupati mendengar keluhan warga dan segera memerintahkan dinas terkait untuk melakukan upaya perbaikan, agar kami terbebas dari banjir tahunan”, harap sejumlah warga. (Aag)