ZONAPUBLIK.COM BOGOR – Sebuah rumah milik Ujang warga dusun Kukupu Rt 02/06 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, roboh dan mengalami rusak parah akibat hujan yang mengguyur sejak minggu malam (5/1). Beruntung dalam kejadian yang terjadi sekitar pukul 04.30 pagi tersebut pemilik rumah sudah bangun, sehingga dapat menyelamatkan diri.

Menurut Ujang sang pemilik rumah, sebenarnya kondisi rumahnya masih layak huni. Tapi diakui memang ada beberapa kayu dan tiang rumah yang sudah lapuk dan keropos dimakan usia. Namun kondisinya masih kuat, apalagi jika tidak ada hujan lebat. Sehingga robohnya rumah miliknya diduga kuat karena tak kuat menahan beban air hujan yang hampir seharian mengguyur desanya.

“Memang ada beberapa bagian kayu yang sudah keropos dan lapuk. Tapi jika kondisi normal sebenarnya rumah ini masih cukup kuat dan masih layak ditempati. Mungkin karena kemarin hujan seharian dan atap rumah tak mampu menahan beban,sehingga menyebabkan sebagian rumah ini roboh”, ujarnya.

poto rumah rusak 3
                                   Babinsa,relawan dan pungga Kelurahan Cibadak  tinjau rumah korban

Rumah yang dihuni satu keluarga ini tampak mengalami kerusakan cukup parah, terutama bagian samping dan belakang rumah. Sebagian atap rumah dan genteng roboh, hanya tersisa bagian rumah depan yang tampak masih utuh. Akibat musibah ini kerugian diperkirakan mencapai Rp 25 juta.

Aparat desa beserta Babinsa kelurahan cibadak yang meninjau lokasi musibah mengatakan, ada beberapa bagian rumah milik korban yang memang sudah tak layak. Misalnya ada beberapa tiang penyangga serta kayu atap yang tampak lapuk dan keropos.

Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkaan  warga masyarakat dibantu anggota TNI dan polri segera melakukan perbaikan rumah, agar dapat segera ditempati kembali.” Kami berserta masyarakat dan relawan melakukan gerakan gotong royong memperbaiki rumah agar dapat segera dihuni kembali”, ujar Sertu Marjito anggota Babinsa Kelurahan Cibadak.(beb)