ZONAPUBLIK.COM,BOGOR – Karang Taruna Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan Kabupaten Bogor Jawa Barat membuka posko bantuan peduli bencana. Bertempat di gedung pertemuan kantor Kelurahan Lawanggintung, posko menampung berbagai bantuan sembako dan bantuan lainnya dari para donatur, serta warga yang ingin menyumbangan sebagian hartanya

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Lawanggintung, Sutisna mengatakan, Dalam kegiatan tersebut, Karang Taruna Lawanggintung bergerak bersama LPM, PKK, BKM, dan Sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan.

Hingga saat ini lanjut Sutisna berbagai bantuan dari para donator dan masyarakat sekitar sudah terkumpul cukup banyak. Bantuan kebanyakan  berupa sembako instan, air bersih,  seperti mie, minuman cepat saji, gula, kopi, pakaian, obat-obatan serta selimut dan perlengkapan bayi.

“Saat ini jumlah bantuan yang masuk sudah cukup banyak. Bahkan warga ada juga yang menyumbang uang tunai. Jika sudah layak kirim, bantuan ini akan segera kami salurkan”, ujar Sutisna.

poto nggo lawanggintung
Salah satu kondisi kampung yang rusak parah terkena longsor.

Lurah Lawanggintung, Riswan Makmur dalam kesempatan tersebut mengatakan posko peduli bencana ini, diprakarsai oleh Karang Taruna dan jajaran pemerintah desa sangat efektif dalam mengelola sumbangan bantuan yang berasal dari masyarakat. Terbukti sejak dibuka hingga kini berbagai bantuan datang silih berganti. Baik perorangan,instansi atau ormas.

“Posko peduli ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan banatuan untuk dibagikan kepada  saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana. Semua bantuan masuk nantinya kita kirim ke Posko di Kecamatan Bogor Selatan, untuk selanjutkan diteruskan kepada para korban banjir longsor ” pungkasnya.

Sementara menurut beberapa petugas lapangan yang terjun langsung dilapangan dijelaskan kebutuhan mendesak yang diperlukan para pengungsi saat ini adalah  logistik makanan dan minuman  makanan bayi, beserta perlengkapannya, selimut dan obat-obatan, serta seragam dan perlengkapan sekolah anak.( ilv).