zonapublik.com, Dr. H syamsu Djalal SH, MH. Ketua Umum Laskar merah Putih indonesia mengatakan sangat prihatin pada kondisi Bangsa Indonesia Saat ini, Mantan Komandan Pusat Polisi Militer Tersebut mengatakan dari segi perpolitikan tanah air sudah terjadi carut marut dengan berbagai partai politik yang pada umumnya mementingkan kepentingan golongan atau partai tertentu, hal ini diungkapkan Purnawirawan jendral bintang dua tersebut terjadi sangat kontras ketika terjadi pemilihan Kepala Pemerintah daerah baik tingkat provinsi ataupun Kabupaten & Kota yang biasanya di usung oleh partai politik dan di perlukan mahar yang jumlahnya tidak sedikit agar dapat di usung oleh partai politik tertentu, hal ini menjadikan pejabat yang duduk setelah terpilih akan mempunyai mindset untuk mengganti dana yang sudah keluar yang kemudian memicu korupsi dimana-mana, “kalo mau dapat untung tidak usah berpolitik, jadi pengusaha saja” pungkasnya.

Dari Segi hukum, Menurut Mantan Jamintel thn 1999 tersebut Indonesia masih minim dalam penegakan Hak asasi manusia, hal ini dapat di cermati dari banyak nya kasus salah tangkap dan tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh Polisi, Seperti kejadian di Sulawesi Selatan yang meninmpa MF, penyiksaan oleh penyidik terhadap anak buah Jhon Kei yang tidak terlibat dan kasus lain yang tidak terekspose media atas tindakan kesewenang-wenangan Oknum tertentu.

Semenjak Abri dipisah menjadi TNI dan Polri Tentara sekarang banyak tantangan sedangkan Polisi Banyak Tentengan ungkapnya. Hal ini lah menurut Syamsu Djalal yang memicu kesenjangan para aparatur pemerintahan dan menyebabkan Konflik-konflik seperti kejadian Penyerangan Polsek Ciracas pada sabtu 29/08/2020 kemarin, karna tidak akan ada asap apabila tidak ada api.

Maka dari itu menurut Ketua Umum LMPI tersebut, di harapkan masing-masing institusi untuk Introspeksi apakah memang sudah menjadi pengayom masyarakat yang benar, serta di harapkan kepada Seluruh bangsa Indonesia dan tokoh-tokoh bangsa untuk kembali Menjiwai Undang-undang dasar 1945 dan Pancasila. Saya harapkan juga kepada seluruh Anggota Laskar Merah Putih Indonesia ( LMPI ) untuk tetap netral, independent dan membantu Institusi pemerintah dalam mengayomi masyarakat Luas, karna LMPI tidak kemana mana tapi ada di mana-mana dan selalu menjiwai slogan NKRI …. Harga Mati.(Red)