zonapublik.com Bogor, 24/12/2019 Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Fenomena ini terjadi di hampir semua Negara di dunia termasuk Indonesia.

Kesenjangan sosial di Indonesia sangatlah terlihat, antara si kaya dan si miskin, maupun antara pejabat dan rakyat. Adapun yang menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial ini di antaranya adalah kemisikinan dan kurangnya lapangan pekerjan.

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan.

Kemiskinan merupakan penyebab utama terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Banyak orang menganggap bahwa kemiskinan adalah suatu suratan takdir atau mereka yang miskin karena malas, tidak kreatif, dan tidak punya etos kerja.

Kemiskinan telah memberikan dampak yang luas terhadap kehidupan. Kemiskinan bukan hanya menjadi beban pribadi, tetapi juga menjadi beban dan tanggung jawab masyarakat, negara dan dunia untuk menanggulanginya

Sepenggal pemafaran dari saudara  Diki yang tergabung dalam komunitas Sahabat Kita Indonesia ( SKI ). komunitas di Kota Bogor yang memang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan,

Setiap permasalahan sosial tidak akan bisa jika setiap lembaga berjalan masing-masing, perlu adanya kolaborasi dan sinergi agar setiap permasalahan sosial yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor bisa di entaskan.

IMG 20191225 WA0012

” Alhamdulilah hari ini kami semua bisa bersilaturahmi, dan ini adalah suatu moment spesial karena kami bisa sharing dan berdiskusi dengan para penggiat Sosial, Lingkungan, Kebencanaan yang terdiri dari keterwakilan dari : ACT, Rumah Zakat, Baznas, Tagana, BSC, Ecopedia, Sahabat Kita Indonesia, Desa Mentari, Relindo, Perpustakaan Sampah, PKH, Bank Sampah Barokah, Komunitas Ecobrick Bogor, Ideru, P2TP2A, KRN.

Sambung Arif penggiat sosial yang penggiat sosial asal kelurahan Cipaku Bogor Selatan yang tergabung dalam Yayasan Rumah Zakat, ketika ditemui selepas acara kegiatan,

Besar harapan kami di tahun 2020 bisa melakukan kolaborasi, dan bisa saling menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kemaslahatan umma.

Kegiatan para peggiat sosial ini diadakan di sekretariat ACT di kawasan Bogor Raya, selasa siang waktu setempat.

( Erriyanto.Zp Bogor Raya )