ZONAPUBLIK.COM BOGORPerayaan ibadah malam tahun baru China Gong Xi Pa Chay atau lebih dikenal dengan istilah perayaan Imlek, di kota Bogor, Jawa Barat berjalan lancer dan khidmat. Ratusan warga keturunan China tampak memenuhi di dua tempat perayaan,  masing masing di Gedung Majlis Konghucu  Indonesia kota Bogor dijalan Cingcau, Kelurahan Gudang, serta di Vihara Dhanagun yang berada di jalan Surya Kencana Babakan Pasar, Kota Bogor.

Ketua panitia tahun baru Imlek 2571 Bogor Tengah, Arifin Hirmawan mengatakan perayaan tahun baru Imlek adalah tradisi tahunan bagi masyarakat Cina, yang dirayakan oleh hampir semua warga Cina maupun  cina ketrurun. Daalam kesempatan ini mereka akan bersilahturohmi saling memaafkan dan berbagai rejeki. Sehingga perayaan imlek sangat dikenal dengan istilah bagi bagi angpao.

“ Imlek adalah tahun baru Cina yang selalu kita rayakan dengan penuh suka cita. Di kesempatan Ini kita saling memaafkan dan berbagi rejeki”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut  Arifin tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik aparat keamanan, ormas, masyarakat serta lainnya, yang telah membantu pelaksanaan sehingga sejak awal hingga akhirperayaan semua dapat berjalan lancar dan sukses.

gongsipacai muspika
 Perayaan tahun baru Imlek di Bogor Tengah

Sementara Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Bogor Irwan Rianto dalam sambutannya mewakili wali kota Bogor Bima Arya yang berhalangan hadir, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya warga keturunan yang tengah memperingati perayaan Imlek, karena mampu mengemas acara tersebut secara baik, sehingga semua berjalan lancar, tertib dan aman.

Selain itu Irwan juga menyampaikan selamat merayakan tahun baru Imlek Gong xi Fa cai bagi semua warga keturunan di kota Bogor. Semoga dengan perayaan Imlek tahun ini, akan semakin menyatukan kita semua untuk menjadi warga Indonesia yang baik dengan penuh kerukunan dan kebersamaan dalam keaneka ragaman budaya yang berbeda.

“ Selamat tahun bari Imlek Gong Xi Fa Cai, bagi semua yang merayakan. Semoga ditahun baru ini, kita semua diberi kekuatan serta kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa”, ujarnya.

Perayaan tahun baru imlek di kota Bogor berlangsung khidmat dan meriah. Banyak warga yang datang ingin menyaksiskan berbagai atraksi kesenian negeri tirai bambu, seperti barongsai, tari topeng dan lainnya. Hadir dalam acara tersebut   jajaran Muspika  Bogor Tengah, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tamu undangan lainnya. (ilv)