ZONAPUBLIK.COM BOGOR – Sebuah batang pohon besar yang melintang hanyut terbawa arus disungai Ciliwung berhasil di tarik ketepi sungai oleh tim BNPB kota Bogor dibantu TNI/Polri serta masyarakat setempat. Batang kayu keras yang diperkirakan jenis tanaman Munggur tersebut akhirnya dipotong-potong dengan menggunakan geraji senso guna memudahkan upaya pengangkatan.

Dibantu masyarakat dan unsur TNI, tujuh anggota BNPB kota Bogor, akhirnya berhasil melakukan pengangkatan batang pohon dari sungai. Batang pohon yang memiliki panjang sekitar 10 meter dan berdiameter 1,5 meter  tersebut, berhasil diangkat, setelah sebelumnya dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Upaya pengangkatan kayu tersebut terbilang cukup berani karena kondisi sungai Ciliwung saat itu dalam posisi status siaga III yang cukup rawan bahaya.

kayu munggur1 1
Proses pengangkatan batang kayu dari sungai Ciliwung

Sertu Syaraif Usman Babinsa Babakan Pasar didampingi Cristian Permana dari BNPB Bogor mengatakan belum diketahui pasti dari mana batang kayu tersebut berasal. Namun dari keterangan beberapa warga batang kayu sudah ada sejak pagi hari Rabu (1/1), karena terbawa arus sungai Ciliwung yang cukup deras.

“Batang kayu tersebut harus kita amankan dan kita angkat dari sungai karena keberadaannya sangat membayakan. Jika menghantam bangunan, batang pohon tersebut bisa menjebolkan bangunan dam atau jembatan apalagi jika arusnya deras”, ujar Syarif Usman.(ilv)