ZONAPUBLIK.COM – KLATEN – Wakapolres Klaten Kompol Moh Zulfikar SIK memimpin Apel Gelar Pasukan yang digelar di lapangan Mapolres Klaten Jawa Tengah, Kamis (19/12). Apel dilakukan guna memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan serta soliditas para pemangku kepentingan dalam menyambut hari raya Natal dan juga pergantian tahun baru di Klaten.

Turut dan dalam apel tersebut antara lain Forkompinda Kab. Klaten, Pju Polres, para Kapolsek dan para pimpinan lembaga yang terlibat dalam Ops Lilin. Sementara untuk pasukan upacara terdiri dari Personel Polres dan Polsek, pasukan Kodim 0723 / Klaten, Satpol PP, Dishub, Senkom dan Pramuka. Dikutip armada yang digunakan gunja menunjang operasi.

Membacakan amanat Kapolri, Wakapolres menyampaikan Ops Lilin Candi 2019 digelar untuk menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Wakapolres kemudian menambahkan Operasi Lilin merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020.

poto gelar pasukan1

“Untuk Ops Lilin tahun ini Polres Klaten menerjunkan 625 personel. Tergabung dari personel TNI-Polri, dan instansi lain seperti Dishub, kesehatan dll. Selain itu kita memiliki 2 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan. Yang pertama di Karang Delanggu kemudian Alun-alun dan untuk pos pelayanan ada di Prambanan.”  Ujar Wakapolres usai apel.

Himbauan juga disampaikan oleh Wakapolres agar seluruh komponen masyarakat bersama-sama membantu tugas TNI-Polri dan instansi terkait dalam mengamankan perayaan Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020, kemudian untuk masyarakat yang melakukan mudik dihimbau hati-hati selama perjalanan utamakan keselamatan dalam berkendara.

Terkait kemungkinan adanya razia tempat tempat hiburan oleh oknum oknum tertentu, Wakapolres dengan mentakan akan menindak tegas siapapun yang melakukan operasi atau zweping di tempat tempat tertentu. Dengan tegas Wakapolres mengatakan menjaga ketertiban dan melakukan penindakan adalah tugas utama aparat penegak hukum. Maka tidak dibenarkan jika ada ormas atau oknum yang akan main swiping di wilayah hokum Polres Klaten.

“Menjaga ketertiban dan kemanaan adalah tugas utama aparat penegak hokum. Polres Klaten akan memberi rasa amaan nyaman dan iklim kondusif selama jelang perayaan natal dan tahun baru. Untuk itu kita mengeluarkan dan akan menindaklanjuti jika ada oknum atau ormas utama zweping di Klaten ”, tegasnya. (Tev)