WhatsApp Image 2021 02 21 at 22.58.49

“Kabupaten Bekasi Zonapublik.com – Jebolnya tanggul sungai Citarum di Kampung . Babakan Banten RT 005/03 Dusun III Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, yang kurang lebih jebolnya tanggul sekitar 50 Meter, mengakibatkan 4 (empat) Desa diwilayah Kecamatan Pebayuran di kepung banjir.

Jebolnya Tanggul Citarum Pada Sabtu malam Minggu (20/02/2021), yang di perkirakan Sekitar pukul 23 :30 Wib malam, yang di akibat tingginya debit air sungai Citarum yang di sertai tingginya Intensitas hujan,yang terus turun, sehingga tanggul Citarum tak kuat lagi, untuk menahan luapan dan derasnya air.

Sehingga menyebabkan 4 (empat) Desa di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi di Kepung banjir, Desa Sumberurip, Desa Sumberreja, Desa Karangsegar dan Desa Karangharja. Dengan Ketinggian air kurang lebih 1 sampai dengan 2 meter.

Kuarang lebih 1.825 Kepala Keluarga dengan 5.873 jiwa, Warga Desa Sumberurip, Kp. Pamahan, Kp. Babakan Banten dan Babakan Kongsi, yang terdampak Banjir yang harus di evakuasi kedaratan yang lebih tinggi, dan 2.394 Kepala Keluarga di Desa Sumberreja dengan jumlah jiwa 6.124 juga terus di evakuasi dan mendirikan tenda – tenda di daratan yang lebih tinggi untuk menampung warga. Sementara Posko pengungsian dan Dapur umum terus di dirikan di Pemancingan Saung Desa yang terletak di Desa Sumbersari.

Sementara itu, untuk Desa Karang Segar Kurang Lebih 890 Kepala Keluarga yang terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Citarum. Dan hasil pantauan awak media & lsm Gemantara Raya Evakuasi terus di lakukan dari malam pukul 03 dini hari oleh Satgas Citarum bersama Koramil beserta Jajaran polres Bekasi , Pebayuran.
“Dan Tim Evakuasi pun terus berdatangan, dari Yon Armed 7, Kodim 05/09 Bks, Polres Metro Bekasi, Polair, Brimob, BPBD, Tim Sar, dan para Relawan, guna mengantisipasi adanya korban jiwa, yang di karenakan air terus meningkat dan sungai Citarum belum juga terlihat tanda -tanda akan surut .

Hingga berita ini terbit, Pantauan awak media dan Lsm Gemantara Raya Kabupaten Bekasi   di lokasi sampai saat ini,Evakuasi terus berlanjut dan belum ada korban jiwa. Dan kerugian sementara diduga Ratusan juta (red) (sgd tim invetigasi lsm Zonapublik Kabupaten Bekasi)

ref : Gunawan