KOBA – Ketua Rukun Tetangga (RT) harus hapal dengan warganya. Selain itu, Ketua RT juga harus dikenal oleh seluruh warganya.

Hal demikian dikatakan Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry rahman setelah menyerahkan Surat Keputusan (SK) jabatan ketua RT dengan masa jabatan perode 2021 – 2025 se Bateng.

“Ada beberapa Kelurahan/Desa melaksanakan pemilihan Ketua RT. Dengan demikian, para ketua RT banyak wajah baru. Makanya, kita tekankan agar mereka harus dikenal warga, dan harus mengenal warganya,” kata Algafry, Rabu (17/3).

Pria yang biasa disapa Bang Ayi inipun berharap para Ketua RT yang baru sering silaturahmi ke warganya. Kemudian berkoordinasi aktif dengan Kepala Lingkungan atau Kepala Dusun, sehingga aspirasi wargapun tersampaikan dengan baik.

“Ya, jangan sampai saya mendengar ada warga ngomong tidak kenal dengan ketua RT atau Kaling. Nggak enak dengarnya, dan jangan sampai terjadi. Kalau sampai terjadi, artinya tidak sering bersilaturahmi,” senyum Bang Ayi.

Bang Ayi meminta para Ketua RT jangan ragu menjemput bola program Pemda Bateng, hal kecil masalah biaya berobat atau BPJS kesehatan gratis untuk masyarakat benar benar kurang mampu. Selain itu, Lansia kurang mampu juga harus diperhatikan dengan memberikannya bantuan melalui program-program yang ada di Dinas terkait.

“Jangan malu, dan jangan takut untuk ngurus warga yang benar-benar susah. Kalau ada hambatan, silakan hubungi saya langsung. Hambatannya dimana, nanti saya langsung berikan solusi terbaik untuk warga,” ungkapnya.

Bang Ayi juga menuntut agar perangkat Desa/Kelurahan bekerja kompak, jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu diluar. Jikapun dalam berbuat baik terjadi gesekan hingga menimbulkan kontak fisik, iapun berpesan jangan dilawan dengan kontak fisik.

“Kalau kita sudah berbuat baik, terjadi kontak fisik dalam menyelesaikan masalah dilapangan. Maka segeralah lapor ke pak Bhabinkamtibmas dan Babinsa, jangan dilawan dengan kekerasan juga. Ingat kalau kita sudah bebuat baik, pasti di balas dengan perbuatan baik juga,” pungkas Bang Ayi. (RN)

Puskominfo Indonesia

Editor : zili