Spread the love

Zonapublik.com Pasuruan 27/03/22 Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Relawan Antisipasi Solidaritas Bencana (RENTAN) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Pasuruan menggelar acara Tasyakuran yang bertempat di Pendopo Kelurahan Tambaan, Jalan Halmahera, Kota Pasuruan. Minggu 27/03/2022.

Dalam kesempatan turut hadir juga,Babinsa Wakil Ketua RENTAN DPD JATIM,Ketua
SRPB-BPBD Pasuruan, Koramil Tambaan, Komunitas RAPI, Relawan ILKP, BAGANA, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Serta sahabat Rentan lainnya.

IMG 20220328 WA0013

Dalam kesempatan kali ini,Ketua Rentan DPC Kota Pasuruan, Muhammad Toyyib Marsito atau yang akrab dipanggil pak toyib mengatakan, kehadiran Rentan Pasuruan telah memberikan kontribusi sangat besar dan mempunyai peran yang penting dalam penanggulangan bencana yang terjadi,baik dalam pra bencana maupun pasca bencana,sampai tahap pemulihan,kemudian juga pembagian nasi bungkus disetiap hari(Jum’at Berkah)kepada yang membutuhkan.

“Dan ini sesuai dengan moto kita yaitu” Siap, Sigap, Tanggap” bangkit bersama dalam misi kemanusiaan, untuk itu kami tekankan kepada pengurus maupun anggota untuk tidak henti-hentinya saling menolong dan menghormati,” ujarnya.

IMG 20220328 WA0022

Dan beliau juga mengatakan Rentan DPC Kota Pasuruan dalam satu tahun ini sudah malang melintang dalam kebencanaan, seperti bencana yang terjadi kabupaten malang, Semeru Lumajang, mengikuti giat yang intinya sosial kemanusiaaan salah satunya giat penanganan dampak covid-19, pongondisian rumah karantina juga operasi masker dan lain lainnya,”pungkasnya

Dan tidak itu saja Siti Jumayah, selaku Wakil Ketua ll DPD RENTAN JATIM dengan didampingi beberapa pengurus dan anggota DPD lainnya melalui awak media juga mengungkapkan kesan dan harapannya untuk tetap menjaga solidaritas serta meningkatkan semangat serta kekompakan tim.

Karena keberadaan RENTAN sangat penting ditengah masyarakat, apalagi ini bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan sosial berbasis masyarakat, maka keberadaannya sangat dibutuhkan baik dalam kondisi bencana atau tidak. Sejauh ini Rentan khususnya DPC Kota Pasuruan telah melakukan tugasnya dengan baik, harapan saya kedepan DPC Kota Pasuruan agar semakin solid juga semakin meningkatkan semangat serta kekompakan,kami dari DPD selalu mensupport dan siap untuk selalu berkoordinasi dengan DPC-DPC yang ada,” kata perempuan yang populer dengan panggilan Mbak Maya tersebut.

Baca Juga :  Sekolah Berkebutuhan Khusus Permata Hati Jakarta, Harapkan Bantuan Pemerintah.

Dan masih ditempat yang sama Pak Jumadi ketua SRPB/BPBD juga mengatakan, dengan seiring berjalannya waktu RENTAN harus terus berkembang menjadi relawan yang terlatih, sehingga mampu menjadi bagian dari 5 unsur kebencanaan, Yaitu BPBD, Media Masa, Dunia Usaha, Akademisi, Masyarakat (Relawan Terlatih)

“Setiap orang berhak untuk menjadi relawan, tetapi dalam kebencanaan dan kemanusiaan, harus mempunyai pengetahuan. Sebagai relawan terlatih harus tau pedoman dasarnya, yaitu Undang Undang 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,” jelas Jumadi.

“Kita sebagai relawan juga harus mengenal Panca Darma Relawan yaitu Mandiri, Profesional, Solidaritas, Sinergi dan Akuntabel, dari lima pokok pedoman ini harus kita mengerti dan fahami.

Hal senada juga disampaikan oleh Sertu Bambang, Koramil Tambaan. “Siap, Sigap, Tanggap. Berarti disini bisa berhubungan dengan keterampilan, penanganan langsung saat membantu di lokasi tentunya menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Maka dari itu perbanyak kordinasi dengan rekan-rekan yang lain terus belajar untuk mengasah ketrampilan masing-masing,” tutupnya.

Reporter:Arief Yulianto