zonapublik.com, Kabupaten Bogor, Tenjo – Menjaga dan mempertahankan negara bukan hanya menjadi kewajiban prajurit TNI, yang berada di garda depan. Setiap komponen bangsa berperan penting untuk menjaga kedaulatan dari ancaman yang berpotensi mengganggu keutuhan bangsa. Oleh karenanya, semangat nasionalisme perlu terus ditumbuhkan di segala lapisan masyarakat sejak usia dini. Dalam hal ini prajurit TNI memiliki strategi cerdas melakukan pembinaan masyarakat dalam ketahanan negara yang dimulai dari tingkat desa.

Program TNI Manunggal Masyarakat Desa (TMMD) ke 109 yang selama ini telah berjalan, tak sekadar bergerak pada pembangunan fisik melainkan juga non fisik. Di antaranya berupa penyuluhan tentang Protokol Kesehatan, PHBS, Bahaya Covid-19, deradikalisasi terorisme, bahaya narkotika pemberdayaan ekonomi, pertanian, pendidikan, serta kesehatan.

TMMD ke- 109 di wilayah Kampung Cinyurup Desa Ciomas Kec. Tenjo. Selama satu bulan TMT 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020, ratusan prajurit TNI diterjunkan ke tengah masyarakat untuk melaksanakan beragam kegiatan. “TMMD yang berlangsung selama satu bulan mewujudkan kebersamaan para prajurit TNI, pemerintah daerah, dan segenap komponen masyarakat,” kata Dandim 0621/Kab. Bogor *Letkol Inf Sukur Hermanto* pada Kamis (1/10/2020) disela-sela rapat evaluasi pencapaian TMMD Minggu-I.

“Mereka saling bahu-membahu menciptakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara,” tambah perwira menengah TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer (Akmil) TNI tahun 2000 tersebut.

Dia menambahkan, TMMD merupakan wujud pengabdian TNI untuk turut serta mempercepat pembangunan di daerah dan tercapainya kesejahteraan bagi rakyat. Untuk itu, pelaksanaan TMMD membutuhkan sinergitas semua pihak baik pemerintah maupun swasta.

“Kita semua berharap TMMD ini tepat sasaran dan hasilnya benar-benar bisa dirasakan. Kita tidak bisa jalan sendiri, oleh karenanya masyarakat dan semua komponen bangsa ini harus ikut mendukung (membantu),” imbuh Letkol Inf Sukur.(ASR)